Memasuki Masa Pensiun, Banyak Peluang Usaha Yang Bisa Di Lakukan.

Semua orang yang melakukan sebuah pekerjaan, akan di hadapkan dan mengalami masa pensiun. walau saat pensiun tersebut bisa di alami dalam usia yang beragam, tergantung jenis pekerjaan dan kontrak kerja dalam suatu instansi yang kita geluti.
kalau di Belanda, biasanya orang yang di hadapkan pada masa pensiun, akan menyambutnya dengn suka cita. selain masa pensiun akan menjadi masa atau saat istirahat total dari kewajiban untuk berja di sebuah instansi tertentu, juga biasanya mereka masyarakat kebanyakan, sudah tidak lagi dihadapkan pada tanggungan membiayai anak sekolah  ini itu, karena anak2-anak sudah pada dewasa.
Selebihnya,  gaji mereka tidak lagi mengalami potongan pajak ini itu, dan biasanya juga cicilan rumah yang kebanyak orang di sini lakukan, sudah lunas karena  dengan sendirinya  tua sudah tua,  hutang kredit rumahpun selsai.
Lebih nyaman lagi kalau  antara suami istri bekerja, dan keduanya misalnya, mempunyai gaji pensiun perkepala sebanyak lima belas juta, maka sudah bisa di pastikan antara suami istri mengantongi 30 juta per bulan. jumlah sebanyak itu, sudah sangat cukup untuk hidup tenang di Belanda,plus pelesiran melancong ke berbagai negara tiap tahun tahun kalau mereka mau.
Bahkan tak jarang, kalau yang memiliki gaji pensiun lebih besar, mereka memilih tinggal di negri yang mempunyai temperatur hangat seperti Spanyol atau negara tropics lainnya.
Lain ladang, lain pula belalangnya, kebiasaan yang sering saya temukan di tanah air, ketika seseorang akan memasuki masa pensiun, biasanya ketar ketir karena gaji pensiunan, bukan hanya begitu kecil , juga pemasukan ekstra yang di sebut istilah uang siluman ketika kita bekerja menjadi tidak ada sama sekali.
Alhasil tak jarang kalau orang yang memasuki masa pensiun, menjadi setres dan defresif, bahkan saking defresifnya mengalami perubahan yang drastis ketika masa bekerja dan pensisun dengan keuangannya, di tambah ketika orang menjadi tua semakin lemah kondisi dan daya tahan tubuhnya, malah  tak jarang menjadi sering sakit sakitan.
Uang yang lebih dari cukup ketika  aktif bekerja, keraf lantas berpoya-poya, lupa akan masa pailit nanti, yakni masa pensiun.
Tidak semua orang mempunyai dana yang cukup untuk menjamin masa pensiunnya untuk tidak menjadi pailit, dan gaya hidup kita otomatis  harus di rubah, boro-boro bisa liburan ke luar negri atau dalam negri sekalipun, untuk mengatasi hari tua yang keraf sakit-sakitan saja, sudah di bikin bingung.
Itu gambaran masyarakat menengah yang masih mendominasi lapisan masyarakat di tanah air.
Kalau golongan pengusaha atau pejabat yang tabungan masa depannya sudah tidak habis tujuh turunan, sudah tidak usah di pikirkan lagi, karena mereka sudah tidak khawatir lagi akan masa pensiunnya,
Yang akan kita bahas di sini, bagaimana menyikapi masa pensiun nanti untuk golongan menengah, bahkan mungkin para pegawai yang kebingungan, tak menemukan idea, bagaimana mencari solusi yang paling masuk akal untuk bisa menopang perekonomian di hari tua nanti.
Pertama, berbuat hemat ketika kita sedang berada di masa tugas kerja, kurangi gaya hidup berfoya-foya, dengan menyisihkan pendapatan kita di saat usia produktif, sedikit-demi sedikit untuk modal melakukan usaha yang bisa menopang perekonomian kita di masa pensiun nanti.
Kedua, pastikan dan yakini, kalau kita melakukan suatu budang usaha yang bernilai ekonomi, juga sesuai dengan keahlian dan di sukai oleh kita, sehingga kita bisa melakukannya dengan senang hati dan tidak terbebani karena tidak bertentangan dengan hati nurani kita.
Ketiga, jenis usaha kita, di sesuaikan dengan kemampuan fisik, mental dan pikiran kita yang keraf cenderung menurun manakala kita memasuki usia pensiun yang identik dengan usia yang tidak muda lagi. jadi bisa di pastikan manakala kita memasuki usia penisun, apa yang di rintis sejak kita muda sudah menjadi kebun pendapatan yang sesuai dengan kebutuhan kita.
Jenis-jenis usaha penopang keuangan di masa depan atau masa pensiun.
Jenisnya bisa cukup beragam,
Kalau kita menyukai bidang Otomotif, bisa mengumpukan dana dan mencoba membeli mobil baru atau kredit, lalu membuka usah rental yang kalau masih sekala kecil, bekerja sama dengan rental atau perusahaan penyewaan  mobil besar, yang keref kekurangan pasokan kendaraan, dengan bagi hasil yang di sepakati. Kalau bisa jalan sendiri tanpa kerjasama dengan perushaan rental atau penyewaan mobil berskala besar, keuntungan akan lebih besar lagi.
Kemudian kita mempunyai dana yang agak besar jumlahnya, kebetulan kita menyukai bidang proferti, bisa kita rintis membeli tempat atau rumah di daerah yang strategis, seperti  di daerah industri yang terdapat banyak pabrik, daerah universitas di mana banyak mahasiswa yang membutuhkan kos-kosan di daerah tersebut, lalu kita bangun rumah atau jenis bedeng saja, dengan membuat kamar-kama yang di peruntukan sebagai kontrakan atau kosan, dan uangpun bisa mengalir tanpa kita bekerja secara katif dan rutin.
jenis yang di sukai adalah perternakan atau perikanan, kita bisa cari lokasi yang airnya melimpag, atau daerah hijau. kita bisa hijrah dan mulai melakukan bisnis ternak atau perikanan, tapi menurut penulis, jenis ini cukup merepotkan pelaku yang memasuki usia pensiun, karena memerlukan perhatian dan perawatannya yang lebih . tapi kalau kita sudah mempunyai dasar menyukai, maka kita akan menikmatinya.
Jenis usaha Agrobisnis sayuran atau buah, kalau kita menyukai Agrobisnis sayuran, yang keraf membutuhkan fluktuasi pekerjaan yang rutin dan cenderung menuntut perhatian lebih, tidak salahnya di coba. karena dengan rasa suka menjadi acuan semuanya mudah di atasi.
Jenis usaha Agrobisnis bunga hias, di mana kalau ekonomi suatu negara dalam keadaan bagus, otomatsi kebutuhan lux atau ektra tak terelakan. hotel-hotel yang membuthukan bunga hias segar secara berkala, juga acara pesta atau tempat lainnya yang identik dengan bunga, semakin menjamur dan otomatis permintaan akan bunga hias semakin besar. kalau menyukai jenis  ini, bisa di lakukan sambil menikmati hoby yang menghsilkan nilai ekonomi.
Jenis Agrobisnis buah, ini yang lebih enteng di lakukan, karena kita bisa memulainya ketika usia kita muda, dengan membeli sebidang tanah dan menanam buah yang kita ingin  jadikan sumber penghasilan kita nanti, maka pada saat pensiun, pohon tersebut sudah menghasilkan buah.
Jenis usaha Agrobisnis buah juga banyak macamnya, di mana sekarang banyak sekali buah yann bernilai ekonomi tinggi dan tak jarang banyak petani yang menjadi juragan buah bermunculan.
dari mulai buah Duren, Mangga, jeruk, Pepaya, Sawo, Manggis dan masih banyak lagi jenisnya yang tak kalah nilai jualnya.
Apalagi kalau kita merambah ke jenis penanaman rempah-rempah, seperti Vanilli, Pala atau juga jenis coklat, dan begitu…beragmanya jenis pohon yang menghasilkan nilai ekonimi yang cukup tinggi di tanah air. juga memberikan penghasilan secara berkala tiap tahun, bukan hanya sekali seperti jenis penanaman pohon jati atau kayu sekali tebang lainnya
Jenis bisnis gabah, karena kita punya modal cukup yang sudah simpan dan di perkirakan, kita bisa menggunakan uang yang sudah kita persiapkan, lalu membeli gabah panen dari para pengepul kecil yang mencari padi dari desa ke desa, mereka akan berdatangan sendiri,  kita menampungnya dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari harga dari petani yang keraf terjadi di tanah air saat ini.
Kemudian kita bisa mengeringkannya dengan satu atau dua tenaga pembantu, kalau kita punya penggilingan beras, bisa menggilingnya dan berasnya langsung di salurkan ke pasar, supermarket dan sejenisnya. dan keuntungan lebih besar. tapi kalau hanya tahap menampung saja, dan mengeringkan lalu menjualnya kembali sambil melihat harga pasaran yang keraf turun naik. kalau kita tau dan bisa menagkap peluang dengan jeli, keuntungan pun  cukup menggiurkan.
Begitu beragamnya peluang bsinis yang bisa kita lakukan, untuk itu berhematlah dan menabung, untuk melakukan jenis usaha yang bisa kita jangkau sesuai dengan kemampuan, keuangan dan materi juga rasa suka kita terhadap jenis usaha tersebut.
Satu yang menjadi kunci keberhasilan bisnis usaha kita bisa menghasilkan dengan memuaskan, lakukan sendiri, kalaupun harus memperkerjakan orang lain, selalu di kontrol dan di awasi. jangan di serahkan sepenuhnya penanganannnya kepada orang lain. karena tak akan ada orang yang bisa kita percaya sepenuhnya selain diri kita sendiri. menurut pengalaman penulis yang mempunyai kendala jarak yang jauh, dan mempercayakan segalanya kepada orang lain hampir selalu kena tipu dan gagal.
Satu lagi kunci keberhasilan dalam memulai usaha masa depan, kuasaia materi dalam bidang apapun, baik proferti, otomotif, pertanian  atau peternakan, Catering. semuanya tanpa materi atau ilmu yang kita kuasai, tak akan menghasilkan dengan maksimal bahkan mungkin akan di hadapkan kepada kerugian.
Setidaknya pelajari dulu dan kuasai jenis dan bidang usaha tersebut.
Jadi tunggu apa lagi, tak ada kata terlambat, berhemat dan memikirkan masa depan, untuk masa pensiun lebih baik dan minimalnya dapur tetap ngepul, maskismalnya masih bisa pelesiran ke manapun yang kita mau.karena itu, Menghadapi usia pensiun tak perlu cemas, banyak peluang usaha yang perlu di lakukan.
Semoga Bermamafaat.dan Selamat Mencoba
 

This entry was posted in ,. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar