Banyak Pria Akan Merasa Kesepian dan Terkucil di Usia Tua

kompas.com

Meski laporan The Emerging Crisis for Older Men mengatakan kaum perempuan kemungkinan akan tetap hidup lebih lama dibandingkan suami mereka, tetapi pada tahun 2030, diprediksi banyak pria akan merasa kesepian dan terkucil di usia tua dan hidup lebih lama ketimbang istri mereka.

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian mengungkap, semakin banyak pria akan merasa kesepian dan terkucil di usia tua. Penelitian ini bahkan memprediksi, jumlah pria tua yang tinggal sendiri di Inggris akan meningkat sebesar 65 persen pada tahun 2030. Artinya, sebanyak 1,5 juta pria tua akan hidup sendiri pada tahun 2030- lebih banyak dari jumlah 911.000 pria tua yang hidup sendiri saat ini.

Salah satu penyebabnya bisa dilihat dari hasil sebuah studi jangka panjang yang dilakukan oleh The International Longevity Centre dan Independent Age yang mengungkap kecenderungan pria yang sering kali enggan untuk bergabung dengan klub bagi orang-orang tua."Ketika pasangan mereka meninggal, kehidupan sosial para pria tua sering berkurang," kata Janet Morrison, direktur eksekutif Independent Age.

Selain itu, sering kali pria tua juga memiliki sedikit kontak dengan keluarga dan teman-teman dibandingkan perempuan pada usia yang sama. Ketika pasangan mereka meninggal, hal ini akan membuat pria tua cenderung lebih terkucil secara sosial. Adapun bukti menunjukkan, pria dan wanita mengalami isolasi sosial dengan cara yang berbeda. Apalagi, sebuah laporan menemukan, pria cenderung jarang meminta bantuan.
Dick O'Brien, seorang duda berusia 77 tahun, mengatakan, ia memiliki 13 cucu dan 10 cicit yang sayangnya sibuk dengan kehidupan mereka sendiri. Akibatnya, terkadang tak ada seorang pun yang mengunjunginya selama berhari-hari. Ia pernah mencoba berbagai cara untuk mengurangi rasa kesepiannya, seperti pergi ke klub. Namun, ia merasa tidak cocok. "Karena beberapa alasan yang saya juga tidak pahami, saya merasa tidak cocok. Saya merasa lebih tua ketimbang usia saya sesungguhnya," katanya.

Memang, O'Brien mengatakan, ia mampu bersosialisasi dengan baik, seperti halnya berbincang dengan siapa pun yang ia temui di jalan. Bahkan, ketika ia berada di luar, orang-orang berpikir bahwa ia adalah pria tua yang bahagia. "Hal itu benar. Namun, hal ini berbeda ketika saya harus kembali ke rumah yang kosong dan sangat sepi," O'Brien menambahkan.

Namun lebih lanjut, O'Brien mengungkapkan kekhawatirannya pada rasa sepi yang membuatnya merasa tertekan bahkan depresi. Kesepian dan rasa terisolasi sendiri sudah lama dihubungkan dengan kesehatan mental dan fisik yang buruk. Karenanya, sangat penting untuk memberikan bantuan kepada kaum pria tua atau siapa pun yang merasa "kesepian".
Meski laporan The Emerging Crisis for Older Men mengatakan kaum perempuan kemungkinan akan tetap hidup lebih lama dibandingkan suami mereka, tetapi pada tahun 2030, diprediksi banyak pria akan merasa kesepian dan terkucil di usia tua dan hidup lebih lama ketimbang istri mereka. (BBC)
Sumber :  http://intisari-online.com/read/banyak-pria-akan-merasa-kesepian-dan-terkucil-di-usia-tua

. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Tinggalkan Komentar